Posted on / Uncategorized

Tips Berbisnis Tanaman Hias Sebagai Inovasi Usaha di Desa

inovasi usaha di desa
Sumber gambar: agrowindo.com

Barangkali usaha tanaman hias di desa bukanlah usaha yang populer di desa, sebab dengan kekayaan alam yang dimiliki desa tiap warga desa dapat memanfaatkan kekayaan alam termasuk dengan mengambil tanaman tanpa merasa harus membayar. Oleh sebab itu, tanaman hias dapat diambil dari kekayaan alam yang ada di desa sehingga tidak perlu menjualnya.

Namun, ada sisi lain yang dapat kita lihat di masyarakat perkotaan. Tanaman hias menjadi sesuatu yang berharga di perkotaan. Ditengah terbatasnya suasana alam di kota, tanaman hias diperlukan untuk mempercantik ruang publik seperti taman, trotoar, dan lain-lain. Pemandangan kota menjadi lebih indah dan segar dengan adanya tanaman hias baik di ruang publik maupun di ruang pribadi seperti rumah, kantor, toko, dan lain-lain. Keuntungan lainnya adalah tanaman hias dapat memberikan efek psikologis berupa rileks khususnya tanaman yang dominan tiap bagiannya berwarna hiaju. Oleh sebab itu, tanaman hias akan selalu dibutuhkan masyarakat perkotaan. Peluang ini menjadi kesempatan bagi warga desa untuk berbisnis tanaman hias sebagai inovasi usaha di desa.

Oleh karena itu, salah satu jenis bisnis yang potensial adalah usaha dalam bidang agribisnis atau usaha pertanian khususnya usaha tanaman hias. Usaha tanaman hias bermacam-macam seperti Bisnis tanaman hias kaktus, Bisnis tanaman hias mawar, Bisnis tanaman hias anggrek, Usaha tanaman buah, Bisnis bunga hidup, Bisnis bunga hias plastik. Usaha ini menjanjikan keuntungan walau dengan modal kecil. Untuk sukses dalam bisnis tanaman hias tentu anda harus menyenangi atau hobi akan bertanam hias terlebih dahulu.

Memiliki bisnis tanaman hias menjadi sebuah bisnis yang paling menguntungkan. Hal ini karena bisnis ini bisa sangat potensial di masa yang akan datang. Bagi Anda yang hobi bercocok tanam, seperti merawat dan memelihara tanaman, tentunya berbisnis tanaman hias akan menjadi lahan bisnis yang akan mendatangkan keuntungan bagi Anda. Terlebih lagi jika Anda tinggal di dataran tinggi dengan udara sejuk, bisnis ini juga akan cocok sebagai peluang usaha sekaligus inovasi usaha di desa Anda. Jika Anda ingin menekuni bisnis ini tentunya Anda harus mengerti dan mempelajari tentang seluk beluk bisnis ini. Nah, berikut tips-tips sederhana yang bisa membantu Anda dalam menjalankan bisnis tanaman hias.

cukup pengetahuan mengenai tanaman hias
Sumber gambar: silabus.web.id

1. Memiliki Cukup Pengetahuan Mengenai Tanaman Hias

Memulai bisnis apapun itu, Anda mempunyai pengetahuan dasar yang cukup dan mumpuni tentang bisnis tersebut. Begitupun dengan bisnis tanaman hias. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan merawat tanaman hias, kemungkinan tanaman hias yang akan Anda jual akan layu atau bahkan mati bahkan sebelum tanamannya terjual. Oleh karena itu, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang tanaman hias seperti sistem perawatan, cara menambah jumlah bunga agar lebih indah, pemupukan dan sebagainya.

Bagi seorang pemula mungkin merasakan kesulitan untuk menjalankan bisnis tanaman hias sebagai inovasi usaha di desa. Oleh sebab itu, seorang pemula dalam bisnis tanaman hias diharuskan untuk membekali diri dengan pengetahuan usaha tanaman hias yang bisa didapatkan di buku pertanian, majalah, internet dan lain sebagainya yang membahas tentang usaha pertanian ini. Berikut ini hal yang harus dikuasai sebelum memulai bisnis tanaman hias yaitu cara merawat tanaman hias yang baik dan benar. Poin ini termasuk pemberian pupuk, penyiraman air dll yang bisa meningkatkan jumlah bunga supaya tampak lebih indah. 

2. Menentukan Jenis Tanaman Hias

Selain memiliki pengetahuan dasar tentang tanaman hias, Anda juga perlu melakukan survei untuk mengetahui tanaman hias apa saja yang sedang digemari oleh masyarakat saat ini. Saran penulis, anda bisa memilih untuk menjual dan membudidayakan jenis tanaman hias yang sedang tren saat ini. Sehingga perputaran uang berlangsung sangat cepat dan cepat balik modal.

Cara lain dalam menentukan jenis tanaman hias adalah pilihlah jenis tanaman hias yang tepat sesuai dengan lingkungan di sekitar lokasi. Contoh apabila lingkungan usaha berada di daerah yang dingin maka jangan membudidayakan tanaman hias yang hidup di musim panas. Begitu sebaliknya. Hal ini menyebabkan tidak membutuhkan biaya pengeluaran besar untuk memelihara dan merawat tanaman hias tersebut. 

lokasi tempat usaha
Sumber gambar: konsultanbisnis.id

3. Lokasi Tempat Usaha

Sebagus apapun bisnis tanaman hias sebagai inovasi usaha di desa, kalau lokasi nya tidak tepat maka bisnis tidak akan berjalan dengan baik. Pilihlah tempat untuk bisnis tanaman hias ini dengan lokasi yang strategis. Misalnya, di tempat ramai seperti di pinggir jalan raya. Hal itu akan membuat lebih banyak konsumen mudah menemui toko anda. Jika belum memiliki modal lebih, Anda bisa menggunakan halaman rumah Anda sebagai lokasi tempat usaha. Apalagi letak halaman rumah anda di pinggir jalan yang ramai. Anda bisa juga menyewa lokasi usaha tanaman hias di tempat strategis. Namun biaya sewa lumayan mahal apalagi di perkotaan besar

Anda juga harus selalu menjaga kebersihan dari tempat bisnis Anda sehingga lebih sedap dipandang oleh konsumen serta selalu menjaga kualitas dan variasi dari tanaman hias. Salah satu cara menjaga kebersihan di toko tanaman hias adalah secara rutin membersihkan dedaunan yang sudah kering dan kemudian menjaga kualitas bisa dilakukan dengan secara rutin menyirami tanaman. Hal ini sebagai salah satu bentuk pelayanan yang baik kepada konsumen.

4. Sarana dan Prasarana

Sarana prasarana dalam inovasi usaha di desa berupa bisnis tanaman hias adalah hal yang penting dan perlu modal banyak. Anda harus memikirkan bagaimana cara mencukupi kebutuhan sarana dan prasarana. Selain itu, juga diperlukan tata ruangan yang baik dan membuat pengunjung nyaman untuk berkunjung. Hal ini karena toko tanaman butuh beberapa ruangan yang cukup luas.

Sarana penunjang bagi bisnis tanaman hias yang biasanya diperlukan adalah tempat parkir yang luas, menyediakan ruang display atau etalase tanaman hias bisa berupa taman, ruangan penyimpanan tanaman hias, ruang khusus display tanaman, ruang untuk pembibitan tanaman hias, tempat tunggu bagi pembeli yang nyaman dan lain sebagainya.

5. Pemasaran dan Promosi

Seperti pada bisnis umumnya, promosi adalah hal penting yang harus dilakukan. Karena dengan adanya pemasaran dan promosi yang bagus akan membuat bisnis tanaman hias Anda menjadi lebih dikenal oleh banyak orang. Promosi bisnis tanaman hias yang anda jalani harus dilakukan secara gencar, baik, efektif dan efisien. Bagi usaha tanaman hias, biasanya promosi dilakukan dengan promosi pada brosur, media sosial dan promosi pada pameran tanaman hias 

Pada promosi tanaman hias di media sosial atau brosur berikan informasi mengenai lokasi bisnis Anda, jenis tanaman apa saja yang Anda jual, serta harga untuk tiap tanaman yang Anda jual tersebut. Anda bisa melakukan promosi dengan cara menyebar brosur lewat online maupun offline. Lalu, ketika mengikuti pameran tanaman hias, promosi bisa difokuskan pada tanaman hias unggul yang anda miliki seperti misalnya bonsai.

6. Faktor Keamanan

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan sebagai salah satu cara memulai usaha tanaman hias adalah memastikan lokasi usaha aman dari pencurian dn kegiatan merusak tanaman. Sebab lokasi usaha tanaman hias di pinggir jalan raya yang ramai merupakan area rawan sehingga dapat terjadi tindakan pencurian. Apalagi jenis-jenis tanaman hias yang dijual memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Seperti tanaman bonsai, gelombang cinta dll.

Untuk menjaga keamanan di lokasi bisnis tanaman hias, maka anda harus selalu mengawasi dengan hati-hati dan selalu waspada. Kalau saja terjadi pencurian satu jenis tanaman hias maka itu bisa mengakibatkan kerugian pada usaha tanaman hias anda. Cara lainnya adalah dengan merekrut satpam sebagai karyawan yang menjaganya.

Nah itu tadi adalah beberapa tips sederhana bagi Anda yang ingin memulai bisnis tanaman hias ini. Bisnis ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu peluang usaha desa sekaligus sebagai inovasi usaha di desa yang akan membantu dalam menunjang perekonomian desa Anda.

Bagi Anda yang masih ingin mencari inovasi usaha di desa, klik di sini untuk membaca “7 Inovasi Usaha di Desa Berpeluang Sukses Besar”!

Source https://ruangbisnis.co.id/tips-berbisnis-tanaman-hias-sebagai-inovasi-usaha-di-desa/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp