Posted on / Ippho Santosa

TERKUAT

Pernah dengar soal Zeus? Di antara para dewa, Zeus kononnya yang TERKUAT. Selama ratusan tahun, bahkan ribuan tahun, itulah kisah yang kita dengar. Saya pernah melihat patung aslinya yang sudah berumur ribuan tahun. Hm, mitos ternyata.

Hercules adalah anaknya Zeus. Lantas, siapa yang lebih kuat, Hercules apa Zeus? Seiring berjalannya waktu, kemudian kita sadar bahwa yang TERKUAT itu bukan Hercules, bukan Zeus. Terus, siapa?

Yang terkuat adalah mereka yang:
– berhasil menundukkan hawa nafsu,
– tetap bersabar walaupun keadaan tidak sesuai dengan harapan,
– mau memaafkan walaupun punya kekuatan untuk membalas,
– mau berbagi walaupun punya kemampuan untuk mengumpulkan.

Rupanya puasa melatih kita untuk bisa seperti itu. Inilah kekuatan sejati. Masya Allah.

Saya pun coba melakukan itu sebisa saya. Terutama soal berbagi.

Belakangan ini, aktivitas saya lumayan padat, diisi dengan zoom event. Boleh dibilang, setiap hari. Kemarin untuk student-student di Turki. Sebelumnya untuk BUMN. Dan seperti biasa, narsum pasti dapat FEE, hehe. Rezeki, alhamdulillah.

Sebelum pandemi, saya sering minta fee saya langsung disalurkan ke lembaga sosial, seperti Dompet Dhuafa (DD). Ketika pandemi, apalagi Ramadhan, semakin mantap menyalurkan 100% ke lembaga sosial. Insya Allah untuk pengadaan APD, masker, dan sejenisnya. Berbagi.

Saya orang biasa. BUKAN pejabat. Belum punya power untuk menggerakkan jutaan orang dan menyalurkan triliuan rupiah. Tapi, saya berusaha berbuat sebisanya. Berbagi. Semoga langkah kecil ini jadi contoh dan inspirasi.

Bismillah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp