Posted on / Uncategorized

Setelah Baca Ini Anda akan Memiliki Motivasi Bisnis Online

motivasi bisnis online
Sumber gambar: businessinsider.com

Peluang usaha bisnis online semakin hari semakin meningkat. Prospeknya pun cukup besar untuk Anda yang baru ingin memulai terjun di dunia wirausaha. Dengan kemudahan dan kepraktisan yang dibantu kemajuan teknologi, semua orang berkompetisi memburu pasar online.

Berbagai informasi dan pengetahuan tentang berbisnis online sudah Anda siapkan. Kemantapan hati dan keberanian pun juga sudah matang Anda tanamkan di dalam diri. Modal dan media sosial untuk sarana promosi sudah siap Anda luncurkan. Akan tetapi, semua itu akan berjalan lambat jika tidak ada kata-kata motivasi bisnis online. 

Dalam kehidupan ini, manusia memerlukan pemantik semangat untuk menggelorakan setiap aktivitasnya. Berbagai pemantik semangat yang saat ini paling efektif untuk diterima khalayak umum secara cepat dan tepat adalah melalui media sosial. Selain bisa untuk disimpan, kata-kata motivasi bisnis online tersebut juga sebagai pengingat ketika rasa lelah dan putus asa mulai menghampiri.

Sama halnya dengan pebisnis online yang mau memulai bisnis onlinenya, termasuk Anda kata-kata motivasi bisnis online sangat diperlukan untuk menghindari pikiran-pikiran negatif yang mengganggu semangat Anda. Anda bisa menanamkan kata-kata motivasi tersebut di dalam pikiran Anda. Anda juga bisa menuliskan kata pembakar semangat itu di tembok kamar bahkan di layar telepon genggam Anda. Anda juga bisa menyebarkan kata-kata motivasi itu kepada orang lain agar orang lain dapat tertular semangat dalam berbisnis online.

Berikut adalah kata-kata motivasi terkenal yang dikutip dari tokoh-tokoh pebisnis sukses yang membuat Anda semakin semangat berbisnis online:

  • “Akuilah bahwa akan ada kegagalan, dan akan ada rintangan. Tetapi, Anda akan belajar dari kesalahan dan kesalahan orang lain, karena sangat sedikit yang dapat dipelajari dari kesuksesan.” (Michael Dell, pendiri perusahaan teknologi DELL)
  • “Pelanggan yang sangat tidak bahagia (atas pelayanan Anda) adalah sumber pembelajaran paling berharga dalam bisnis.” (Bill Gates, pendiri Microsoft)
  • “Apa yang anda butuhkan untuk memulai bisnis? Ada tiga hal sederhana: lebih mengenal produk Anda sendiri daripada orang lain, mengenal pelanggan Anda, dan memiliki hasrat yang membara untuk sukses.” (Dave Thomas, pendiri Wendy’s)
  • “Risiko terbesar adalah tidak mengambil risiko apapun. Di dunia yang berubah sangat cepat ini, satu-satunya strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil risiko.” (Mark Zuckerberg, pendiri Facebook)
  • “Jika Anda bisa memimpikannya, Anda bisa melakukannya.” (Walter Disney, pendiri Disney Brother Studio dan Disneyland)
  • “Aturan Nomor 1: Jangan pernah kehilangan uang. Aturan Nomor 2: Jangan pernah melupakan peraturan Nomor 1.”
  • “If you are not a risk taker, you should get the hell out of business.” (Ray Kroc. Pendiri McDonald’s)
menjadi wirausaha pengusaha
Sumber gambar: bgipin.com
  • “Memutuskan menjadi pengusaha bukan berarti tidak berprestasi di bidang akademis.” (Chairul Tanjung, Pendiri CT Corp)

Berbagai kalimat motivasi itu semoga dapat memicu semangat Anda. Tidak hanya menjadikan Anda bersemangat dalam berbisnis online, tetapi juga memunculkan inspirasi dan ide untuk Anda agar segera memulai bisnis online. Ayo, jangan sampai Anda membuang kesempatan emas yang saat ini ada!

Selain kalimat-kalimat motivasi bisnis online yang wajib dibutuhkan para pebisnis online, kisah-kisah inspiratif dibalik kesuksesan tokoh-tokoh di Indonesia juga dapat menjadi inspirasi dan ide bagi Anda untuk berbisnis online.

Berikut terdapat lima kisah inspiratif tokoh pebisnis sukses di Indonesia:

Reza Nurhilman dengan Keripik Singkong Pedasnya

Dengan pemikiran kreatifnya untuk mengubah singkong menjadi keripik dengan berbagai level pedasnya, Reza Nurhilman memulai bisnis keripik bermerk Maicih dengan modal sebesar 15 juta. Ia memilih melakukan pemasaran dengan cara online daripada harus menyewa lapak dengan harga sewa yang mahal. 

Hanya dengan media sosial, Reza dapat menggerakkan agen-agennya untuk memasarkan keripiknya. Pada awalnya, keripik Maicih sukses dipasarkan di Bandung dan pada akhirnya dapat merambah hingga ke Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Keripik tersebut pun dapat bersaing dengan keripik merk-merk terkenal di supermarket atau minimarket. 

Andrew Darwis dengan Forum Komunitasnya

Anda pasti sudah familiar dengan KasKus, forum komunitas terbesar di Indonesia yang sangat besar sejak tahun 2008 hingga saat ini. Andre Darwis, seorang pendiri KasKus hanya mengandalkan modalnya sebesar 30 ribu rupiah. Siapa yang mengira dengan modal yang masih terbilang terjangkau dapat menghasilkan bisnis online besar di Indonesia. 

Ketika Andrew dan dua rekannya harus turun tangan langsung untuk memperbaiki server yang down, hal tersebut menjadi titik perjuangan kerasnya karena ia belum memiliki karyawan. Selain itu, masalah terberat yang dialaminya ketika harus pindah ke Jakarta karena ia harus meyakinkan customer dan advertiser mengenai citra Kaskus. 

Karena Andrew belum merekrut karyawan satupun, ia harus mencari klien dan partner seorang diri hingga akhirnya ia dapat berhasil setelah menemukan mitra. Kepercayaan antara mitra tersebut dengan Andrew dapat terjaga hingga akhirnya KasKus dapat berjaya seperti saat ini. 

Rico Huang dengan Berbagai Lini Bisnisnya

Rico Huang benar-benar memulai bisnisnya dari nol. Berawal karena rumahnya yang terbakar sehingga hartanya habis hangus terbakar, ia berjualan nasi uduk dan mie ayam. Akan tetapi, saat itu Rico mengalami kerugian karena keterbatasan ilmunya di dunia kuliner hingga mencapai angka 15 juta dalam waktu empat hari saja. 

Karena sikapnya yang tidak menyerah dan langsung bangkit dari kegagalannya itu, ia langsung beralih bisnis dengan memulai bisnis online. Ia menjual berbagai aksesoris handphone dan dipromosikan melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Kaskus. Respon dari pasar pun positif sehingga bisnisnya semakin berkembang. 

Saat ini, Rico adalah pemimpin PT. Alona Indonesia Raya dengan berbagai lini bisnis, seperti dropshipaja.com, pasukanalona.com, dan laperma.co.id. 

Diajeng Lestari dengan Online Fashion-nya

Diajeng Lestari pada awalnya merupakan karyawan swasta yang akhirnya harus hengkang dari pekerjaannya itu untuk menemukan passion-Nya dalam dunia bisnis. Awalnya, ia bermimpi untuk memiliki bisnis fashion khusus wanita muslimah berbasis online shop yang saat itu belum ada di Indonesia. Ia pun membangun Hijup.com.

Diajeng harus mengurus semuanya sendiri, dimulai dari admin pesanan, meyakinkan pemilik brand yang akan diajak kerja sama, urusan model untuk sesi pemotretan, hingga menjadi office girl untuk usahanya itu sendiri. Pada akhirnya, setelah mengurus semuanya sendiri, ia kini berhasil menjadikan HijUp.com sebagai e-commerce pertama di Indonesia yang bergerak dalam bidang muslim fashion. 

ahmad zaky dengan bisnis e-commerce nya
Sumber gambar: mantranews.id

Ahmad Zaky dengan kerajaan e-commerce-nya

Siapa yang tidak mengenal Bukalapak.come-commerce ini merupakan salah satu raja bisnis online di Indonesia. Ahmad Zaky yang merupakan pendiri sekaligus CEO dari bukalapak.com pernah mengalami masa sulit pada awalnya, yaitu ketika membuka usaha Mie Ayam dengan modal hasil memenangkan lomba yang akhirnya usaha tersebut berakhir. Zaky pun coba menawarkan kepada teman-temannya untuk berinvestasi, namun tawarannya sangat sepi peminat. 

Akhirnya, Zaky mendapatkan penawaran investasi dari salah satu e-commerce Jepang yang dapat menaikkan nama bukalapak.com. Penghasilan yang didapatkan hingga saat ini pun mencapai nilai 13 trilliun rupiah. 

Nah, setelah Anda membaca beberapa kata motivasi bisnis online dan kisah inspiratif di atas, Anda dapat menjadi lebih semangat dan terinspirasi untuk memulai dan menjalani bisnis online saat ini juga. Tidak perlu menunggu dan mengumpulkan keyakinan lagi untuk memulai bisnis online Anda. Ayo, tunggu apa lagi? Cepat kerahkan pikiran dan tenaga untuk menjalani bisnis online Anda. 

Source https://ruangbisnis.co.id/setelah-baca-ini-anda-akan-memiliki-motivasi-bisnis-online/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp