Posted on / Ippho Santosa

Sedekah itu Mengundang Solusi

Sebelumnya saya sering membahas soal sedekah. Berkali-kali saya menyampaikan bahwa sedekah itu mengundang solusi. Lantas, gimana dengan sholat? Yang sebenarnya, sholat itu lebih mengundang solusi.

Ya, sekarang coba kita amati dan cermati perintah sholat. Hampir semuanya menggunakan frase ‘mendirikan sholat’ bukan ‘mengerjakan sholat’. Ini tidak main-main. Maknanya sangat mendalam.

Mendirikan memang tidak mudah. Sebut saja, mendirikan bangunan, mendirikan organisasi, atau mendirikan negara. Nggak ada yang mudah, iya kan? Akan tetapi, kalau sudah berdiri, sulit untuk dihancurkan. Umumnya, yah begitu.

Apalagi kita semua tahu, kalau agama itu diumpamakan bangunan, maka fondasinya adalah syahadat dan tiang-tiangnya adalah sholat. Perlu juga dicatat, salah satu makna mendirikan sholat adalah menegakkan nilai-nilai sholat di luar sholat seperti disiplin, mempersembahkan yang terbaik (itqan), dan merasa diawasi oleh Allah (iman).

Inilah PR besar bagi kita semua, karena masih banyak muslim di luar sana yang mengerjakan sholat, belum mendirikan sholat.

Menariknya, mereka yang rutin sholat lebih mudah mengundang pertolongan Allah, daripada mereka yang tidak rutin. Dengan syarat, mereka menjaga diri dan menjauhkan diri dari dosa-dosa besar. Yah, mungkin saja masalah datang silih-berganti, namun mereka yang rutin sholat, didekatkan Allah dengan pertolongan.

Begitu ‘dipancing’ sedikit saja, dengan amal dan ikhtiar, maka pertolongan itu pun bergegas menghampiri. Inilah salah satu fadilah dan manfaat sholat yang jarang orang sadari. Kitab suci pun menegaskan hanya sabar dan sholat sebagai penolong.

3S
Sabar + Sholat = Solusi

Menariknya lagi, sholat juga menjadi salah satu syarat agar perniagaan tidak merugi. Saya ulang, tidak merugi. Hm, Anda-Anda yang pengusaha mungkin protes, “Saya sholat. Tapi kok nyatanya masih rugi?”

Betul, tapi Allah siapkan juga gantinya, entah pada perniagaan itu maupun pada perihal yang lain. Kalau dihitung-hitung, yah tetap untung. U-n-t-u-n-g. Terakhir, sholat juga menyehatkan. Sudah teramat banyak penelitian yang membuktikan hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp