Posted on / Ippho Santosa

SALING DUKUNG

Anda punya anak atau keponakan yang masih kecil? Ketika ia menggambar dan tidak bagus, apakah kemudian Anda mengolok-ngoloknya? Ngetawain? Nggak tho? Sebaliknya, Anda malah tersenyum dan memujinya. Sekalipun Anda memberi koreksi ini-itu, yah tetap saja Anda memujinya. Kenapa?

Karena Anda tahu persis, potensi seorang anak hanya bisa tumbuh jika ia punya self-esteem, dan itu bisa mencuat kalau ia dihargai. Demikian pula dengan negeri ini. Walaupun ada ketidaksempurnaan di sana-sini, Indonesia memiliki keunggulan-keunggulan yang sebenarnya bisa membuat dunia tercengang dan iri.

Orang Indonesia itu ramah-ramah. Biasa hidup prihatin. Suka gotong-royong. Dan masih banyak lagi. Belum lagi soal alam dan SDA-nya. Dengan keunggulan-keunggulan sedemikian rupa, menurut saya, Indonesia yang berdaya dan unggul sangat mungkin untuk terjadi.

So, sekiranya ada teman kita yang belum bagus produknya, jangan dicecar. Berikan input dengan japri. Diam-diam. Bukan dengan posting terang-terangan.

Sekiranya ada kenalan kita yang salah-salah strateginya, jangan dikecam. Berikan input dengan meneleponnya langsung. Bukan dengan menyindirnya di socmed.

Pada akhirnya, kalau saja kita mau saling mendukung, saya yakin UMKM di negeri ini akan tambah besar dan tambah kuat. Insya Allah Indonesia pun tambah berdaya. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp