Posted on / Ippho Santosa

RUMAH IMPIAN

SUDAH PUNYA RUMAH? Kalau sudah, abaikan artikel ini. Tapi kalau belum, berarti artikel ini buat Anda. Simak deh tips-tips berikut ini.

Pengalaman saya ketika pertama kali beli rumah, rasanya menyenangkan. Tapi TERNYATA ada yang lebih menyenangkan dan mengharukan. Apa itu? Saat melihat mitra-mitra akhirnya berhasil beli rumah atau bangun rumah, masya Allah.

Ada juga yang KPR-nya 10 tahun lebih, BISA LUNAS dalam 7 bulan. Beneran lunas, alhamdulillah. Saya sampai geleng-geleng kepala. Apa sih tips-tips-nya? Izinkan saya berbagi cerita. Sebenarnya, mereka ini petarung. Mereka ini pembelajar.

Maksudnya, selain gigih, mereka juga mau diajar (teachable). Diminta berumrah dulu, mau. Diminta berbakti dulu, mau. Diminta fokus, mau. Diminta nyetok, mau. Diminta nulis, mau. Nggak banyak nanya, apalagi sampai bantah-bantahan.

Cukupkah sampai di situ? Nggak juga. Ikut pembinaan di luar kota (sebelum pandemi), mau. Ikut pembinaan via Zoom (ketika pandemi), mau. Pokoknya macam-macam, mau semua. Teachable. Akhirnya alhamdulillah, lumayan hasilnya.

Saat merintis bisnis, yang benar-benar kita perlukan adalah WHO (orang yang tepat), bukan lagi WHAT atau HOW. Hei, ketika kita bertemu dengan orang yang tepat alias mentor, maka cara-cara akan kita ketahui dengan sendirinya.

Kalau teman-teman penasaran, siapa saja mereka, silakan lihat IG saya. Terpajang foto-foto mereka. Bukan hoax. Nyata, insya Allah.

Saya doakan ya, bagi teman-teman yang BELUM punya rumah, semoga segera punya rumah. Yang SUDAH punya rumah, semoga segera nambah rumah. Dan tetap sakinah. Aamiin. Saling mendoakan, nggak ada ruginya tho?

Terakhir, saya ingin menyarankan sesuatu, boleh? Sekiranya teman-teman lagi mencari peluang usaha (BO), pilih BO yang memprioritaskan kepentingan mitra-mitranya. Jangan sampai sudah sekian tahun berjalan, yang kaya cuma founder, yang punya rumah cuma founder. Mitra-mitra cuma dapat sisa-sisa.

Think!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp