Posted on / British Propolis

Karena Muslim Harus Kaya

Harta dan kekayaan bukanlah sesuatu yang membahayakan jika kita sikapi dengan benar. Ketika berbicara bagaimana menghasilkan uang banyak, bukan berarti kita mata duitan ataupun cinta dunia. Namun lebih dari itu sebagai seorang muslim kita harus faham bahwa dengan punya banyak uang maka kebaikan dan ketaatan akan lebih bisa dimaksimalkan.

Masih banyak kita saksikan fenomena yang tanpa disadari menggambarkan bahwa kondisi muslim hari ini masih lemah dari sisi harta dan kesadaran akan pentingnya harta.

Misalnya, untuk pembangunan masjid harus menggalang dana dipinggir jalan. Untuk mengadakan sebuah acara sosial harus menggalang donasi dan mengajukan proposal ke lembaga-lembaga yang terkadang pemiliknya saja belum tentu muslim. Di beberapa daerah masih ada yang minim hewan qurban, dan masih banyak contoh lainnya.

Padahal ketika kita sebagai seorang muslim bisa kuat dari sisi harta, maka akan lebih mudah mewujudkan berbagai kebaikan dan kebermanfaatan. Tanpa harus mengemis dipinggir jalan ataupun instansi perusahaan.

Lalu bagaimana caranya agar bisa menghasilkan banyak uang?
Dalam hal ini sudah dibuktikan dan dicontohkan oleh Nabi dan para sahabat Nabi, apa itu? Dagang / Bisnis.

Lebih dari 14 abad, Islam identik dengan dagang. Jadi sudah tidak asing lagi bagi kita dengan aktifitas yang satu ini.

Terbukti mereka yang dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia bahkan di Dunia adalah dari latar belakang pengusaha. Jadi tidak ada alasan lagi bagi kita untuk enggan dan bermalas-malasan dalam jualan. Sehingga kita semakin kuat dari sisi keuangan dan keimanan. Karena kafakiran lebih membuka peluang kepada kekufuran.

Semua yang telah Allah karuniakan sudah seharusnya menjadi komponen pendukung dalam mengoptimalkan ketaatan kepada-NYA.

Kebaikan yang dilakukan harus lebih besar dari apa yang didapatkan. Bukan perkara apa atau berapa-nya, namun juga untuk apa-nya. Karena kelak kita akan di tanya dari mana-nya dan kemana-nya.

Terakhir, jangan tabu dengan uang, jangan takut dengan harta. Selama kita bisa menggunakannya untuk kebaikan dan kebermanfaatan, InsyaaAllah akan menjadi bekal setelah kematian.

Sip ya 🙂
Semoga bermanfaat 🙏

Sekian dari saya,
Abadi Rahmat Santoso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp