Posted on / Uncategorized

Ingin Berbisnis? Ketahui 5 Cara Buka Toko Online Ini

cara buka toko online
Source : beanstalkwebsolution.com

Sekarang ini dengan semakin naiknya biaya kebutuhan hidup, membuat pendapatan utama terkadang tidak mencukupi. Dengan demikian, Anda dituntut untuk dapat mencari alternatif pemasukan lain, misalnya saja dengan bisnis sampingan.

Membuka toko online merupakan sebuah lahan yang berpotensi memberi keuntungan. Dengan modal kecil, Anda bisa memulai bisnis tanpa mengganggu jadwal kerja Anda. Toko online ini juga memberikan tawaran yang menarik dengan risiko rendah dan potensi keuntungan yang tinggi.

Tetapi, Anda harus cerdas dalam mengelola bisnis sampingan ini. Jangan sampai tujuan menghasilkan keuntungan malah berbalik menjadi kerugian. Untuk itu, berikut adalah cara buka toko online untuk memulai bisnis Anda.

Sebelumnya, yang perlu diingat adalah pengertian usaha online ini bisa sangat luas mengingat semua bisnis yang dijalankan dengan internet bisa masuk ke kategori ini. Meskipun sebenarnya tidak ada patokan tentang apa yang benar dan apa yang salah dalam memulai usaha.

1. Lakukan Riset Pasar

Cara buka toko online yang pertama adalah menentukan produk atau jasa apa yang ingin Anda jual. Pikirkanlah dengan matang, bisa jadi apa yang menjadi passion Anda berpotensi untuk diperjualbelikan.

Jika Anda masih belum menemukan petunjuk, cobalah ikuti beberapa tips berikut:

  • Anda bisa menentukan produk atau jasa apa yang dibutuhkan dan diminati banyak orang dengan cara melihat sekitar Anda.
  • Jadilah seorang pemecah masalah, saat Anda menemukan masalah di sekitar, pikirkan produk atau jasa yang bisa menjadi solusinya.
  • Perhatikan kemampuan dan pengetahuan serta passion Anda, pikirkan apa yang bisa Anda jual dengan lebih baik daripada orang lain.
  • Lalu pikirkan juga bagaimana produk atau jasa tersebut bisa ditukar menjadi sebuah nilai yang berarti.

Dengan kata lain, Anda jangan langsung menentukan produk yang ingin dijual, namun Anda perlu mengetahui kebutuhan dan minat masyarakat sekitar terlebih dahulu. Kemudian melihat pengetahuan dan kemampuan Anda untuk membuat produk atau jasa tersebut menjadi lebih baik.

Setelah itu, barulah Anda bisa menentukan produk atau jasa apa yang berpotensi untuk membawa kesuksesan dalam bisnis Anda.

2. Miliki Toko Online

Cara buka toko online selanjutnya adalah Anda perlu menentukan sarana yang tepat dalam proses jual beli tersebut. Apakah Anda ingin membuka sebuah gerai, atau bahkan membuka website.

Karena dalam topik kali ini yang dibahas adalah cara buka toko online, maka Anda bisa mempertimbangkan membuka sebuah website, marketplace, media chat sosial, atau akun media sosial sebagai sarananya.

Pastikan juga media yang Anda gunakan tepat dan menyasar pada target pembeli produk atau jasa yang Anda jual, misalnya:

  • Jika Anda ingin menarget anak muda, gunakan media sosial yang digemari anak muda seperti Instagram dan Twitter.
  • Jika Anda ingin menarget keluarga dan kelompok yang lebih luas, Anda bisa menggunakan marketplace atau Facebook.

Jika Anda baru saja ingin membuka toko online dan memiliki modal yang sedikit, Anda bisa menggunakan sarana yang sudah ada, misalnya:

  • Marketplace: Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan sebagainya
  • Media sosial: Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya
  • Aplikasi social chat: LINE, WhatsApp, dan sebagainya

Jika bisnis semakin berkembang, maka Anda bisa mulai membuat website sendiri. Mengapa? Karena membuat sebuah website membutuhkan biaya. Dengan kata lain, modal Anda bertambah.

cara pemasaran digital
Source : digitalcruise.in

3. Pelajari Pemasaran Digital

Langkah selanjutnya dari cara buka toko online adalah saatnya mulai berjualan. Namun sayangnya sebagus apapun produk atau jasa yang Anda tawarkan, akan menjadi sia-sia jika produk atau jasa tersebut tidak diketahui oleh orang.

Anda bisa memulai pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

Saat ini, internet sudah sangat banyak membantu dengan aksesnya yang mudah serta luas. Dengan demikian, media sosial kini menjadi salah satu sarana pemasaran yang efektif.

Selain itu, gunakanlah juga marketplace untuk memperluas jaringan Anda. Dengan memamerkan produk dan jasa di marketplace, produk Anda akan diketahui publik lebih cepat.

Nah, jika keduanya masih kurang efektif, Anda bisa buat blog sederhana dan gratisan, melalui blogger, medium, tumblr atau situs lainnya. Fungsinya sebagai tempat untuk menuliskan testimonial, penjelasan produk dan lain sebagainya.

Yang terakhir, gunakan teknik pemasaran yang lebih menyeluruh seperti memanfaatkan SEO dalam situs pencarian seperti Google.

Dengan memahami SEO, secara tidak langsung Anda mempermudah pencarian produk Anda di dunia maya.

4. Pahami Manajemen Keuangan

Cara buka toko online selanjutnya yaitu memahami manajemen keuangan. Masalah keuangan adalah salah satu penyebab kegagalan paling utama dari toko online. Banyak yang terjerumus dalam kegagalan hanya karena gagal mengatur keuangannya.

Apabila Anda ingin sukses memulai usaha toko online, mulailah anggap penting manajemen keuangannya. Misalnya dengan memperlakukan bisnis dengan professional.

Sebagai contoh adalah dengan memisahkan uang pribadi dan uang bisnis supaya tidak pernah tercampur.

Kemudian Anda harus mulai menentukan modal awal bisnis, seperti biaya izin usaha, peralatan, branding, riset pasar, penyimpanan, dan sebagainya. Biaya ini kemudian dilanjutkan dengan biaya operasional seperti biaya perawatan, marketing dan iklan, biaya produksi, bahan baku, upah pegawai, dan sebagainya.

Anda bisa membuat sistem keuangan sendiri atau menyewa jasa akuntan sehingga sistem yang dibuat semakin jelas dan terjamin.

• Menghitung Modal Kerja (Net Working Capital)

Net working capital atau modal kerja merupakan kalkulasi likuiditas yang mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar liabilitas saat ini dengan aset saat ini.

Alat ukur ini penting bagi banyak pihak, mengingat kemampuannya untuk menunjukkan bagaimana sebuah usaha memanfaatkan asetnya secara efisien.

Net working capital berfokus pada liabilitas saat ini seperti trade debts, accounts payable, dan vendor notes yang harus segera dibayarkan.

Apabila sebuah usaha tidak bisa memenuhi kewajibannya dengan aset yang tersedia, maka pemilik usaha akan dipaksa untuk menggunakan aset jangka panjangnya.

Hal ini bisa mengakibatkan penurunan tingkat operasi, penjualan, dan bahkan bisa menjadi sebuah indikasi masalah keuangan dan organisasi yang parah.

Rumus:

Rumus net working capital bisa diperoleh dengan mengurangi liabilitas saat ini dari asetnya. Secara umum, rumusnya dapat diformulasikan sebagai berikut:

Net working capital = aset saat ini – liabilitas saat ini

Keterangan:

Aset saat ini yang biasanya dimasukan dalam perhitungan adalah uang tunai, accounts receivable, inventory, dan investasi jangka pendek.

Liabilitas saat ini yang biasanya dimasukan dalam perhitungan adalah accounts payable, accrued expenses dan pajak, customer deposits, dan trade debt (beberapa orang juga memperhitungkan utang jangka panjang sebagai liabilitas).

kembangkan ke produk lain
Source : blog.one.com

5. Kembangkan ke Produk Lainnya

Jika Anda berhasil dengan satu produk yang Anda jual, maka Anda dapat mencoba melanjutkan langkah 1–4 untuk produk yang lainnya. Semakin banyak produk yang Anda jual pastinya dapat menambah keuntungan Anda. Tapi perlu diingat, Anda harus bisa membagi fokus kepada produk yang satu dan lainnya.

Itulah cara buka toko online yang dapat Anda lakukan. Anda tidak perlu ragu lagi dan bisa memulai toko online sukses milik Anda sendiri. Untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis, Anda perlu terus semangat dan pantang menyerah dalam melakukannya.

Klik di sini untuk mengetahui tren bisnis online terbaik di dunia tahun 2020!

Source https://ruangbisnis.co.id/ingin-berbisnis-ketahui-5-cara-buka-toko-online-ini-%ef%bb%bf/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp