Halal bihalal adalah produk asli Indonesia

Salah satu pengurus wilayah Nahdlatul Ulama (NU) menegaskan bahwa kegiatan halal bihalal adalah produk asli Indonesia. Di negara lain tak ada istilah seperti ini. Menurut NU, adalah KH Abdul Wahab Chasbullah (Mbah Wahab), salah satu pendiri NU asal Jombang, yang turut mencetuskan tradisi dan istilah tersebut.

Ini bermula saat kepemimpinan presiden pertama Indonesia, Bung Karno, dihadapkan dengan permasalahan yang serius. Sejumlah kementerian dalam kabinet mengalami disintegrasi antara satu dengan yang lain. Bagi Bung Karno, persoalan tersebut adalah perkara yang berbahaya jika dibiarkan berlarut-larut. Kemudian Bung Karno menanyakan sebuah solusi yang tepat kepada kyai-kyai.

Lalu Bung Karno disarankan untuk mengadakan silaturahim antar menteri dalam kabinet. Dan ketika Bung Karno meminta ada istilah khusus yang lebih konkret, maka muncullah istilah halal bihalal. Sekarang, tradisi ini identik dengan acara silaturahim dan saling memaafkan paska Lebaran. Insya Allah ini baik secara kesehatan juga baik secara rezeki.

Simak lanjutannya » http://bit.ly/Maafkan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp