Posted on / Ippho Santosa

BERGEMA DI TENGAH PANDEMI

Setidaknya ada 4 formula yang harus dipatuhi oleh seorang entrepreneur pemula agar bisnisnya tetap bergema (echo) di tengah pandemi seperti sekarang.

Boleh dibilang, 4 formula ini adalah fardhu ain bagi seorang entrepreneur. Apa saja 4 formula itu? ECHO yang terdiri dari Efficiency, Creativity, Health-Concern, Online. Kalau 4 formula ini diabaikan, bukan mustahil bisnisnya akan terkubur ditelan pandemi.

Kreativitas dan efisiensi. Jelas, dua hal ini sangat krusial. Dulu, penting. Sekarang, semakin penting. Belakangan ini, kita berpikir keras dan berusaha keras bagaimana bisnis terus berjalan dengan tetap berada di rumah.

SDM tidak leluasa bergerak. Produksi dan distribusi terkendala. Begitu juga operasional hari-hari di kantor. Kalau tidak kreatif dan tidak efisien, bagaimana mungkin bisnis masih bisa berjalan?

Kita lanjutkan. Concern terhadap kesehatan sekarang meningkat dan menjadi-jadi, bahkan menjadi prioritas tertinggi. Betul apa betul?

Ada baiknya kita menawarkan produk dan jasa terkait kesehatan. Setidaknya, tolong perhatikan faktor ini setiap kali kita menawarkan dan mengantarkan produk kita. Health-Concern istilahnya.

Go online akhirnya menjadi pilihan. Suka atau tidak suka. Siap atau tidak siap. Saya dan mitra-mitra saya BUKAN pedagang musiman. Sudah sekian tahun kami mengandalkan kekuatan online, walaupun belum 100%. Alhamdulillah hasilnya sangat lumayan.

Menurut saya, seorang pemula repot sekali kalau diarahkan bisnisnya berbasis toko atau ruko. Sewanya berapa? Gaji karyawan, gimana? Bahan baku, gimana? Listrik-air, gimana? Balik modal pun bisa 2 tahun atau lebih!

Saya merancang mitra-mitra saya agar balik modal dalam seminggu atau kurang. Cepat sekali. Ada baiknya bisnis teman-teman diarahkan seperti itu. Cepat balik modalnya. Dan ini insya Allah mengurangi risiko finansial.

Demikianlah ECHO yang terdiri dari Efficiency, Creativity, Health-Concern, Online. Praktek ya. Semoga hasilnya berkah berlimpah. Sekian dari saya, Ippho Santosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp