Posted on / Ippho Santosa

AYO BERADAPTASI

Saat terjadi perubahan besar, seringkali yang bertahan BUKAN mereka yang paling kuat. Tapi mereka yang pandai menyesuaikan diri dan beradaptasi. Lihatlah sejarah yang sudah-sudah, maka teman-teman akan menemukan benang merahnya.

Ketika pandemi seperti ini, kita harus mengingatkan teman-teman dan kerabat-kerabat kita. Ada perubahan dan penyesuaian dalam menjalankan bisnis. Kadang varian tertentu perlu dihadirkan. Kadang produk lama perlu digantikan.

Misal, jasa travel. Mungkin saat ini harus shift dulu, ke kuliner atau produk kesehatan. Begitu juga hotel. Mungkin saat ini harus menawarkan jasa katering, jasa laundry, dan jasa karantina (untuk memanfaatkan kamar-kamarnya).

Restoran menengah-atas? Yang biasanya makan di tempat, mungkin saat ini harus menawarkan jasa delivery dan katering. Demikian pula bisnis-bisnis lainnya. Jangan gengsian untuk berubah.

Saya beruntung, sudah bertahun-tahun menghadirkan produk-produk kesehatan alhamdulillah. BUKAN pedagang musiman insya Allah. Teman-teman yang terdampak karena pandemi, ayo lakukan perubahan dan penyesuaian. Segera.

Saya pribadi sudah satu tahun lebih OFF dari Facebook. Jumat yang lalu, saya aktif kembali. Buat apa? Demi menyemangati teman-teman semua. Di page ‘Ippho Santosa & Tim Khalifah’ ada 700.000 member (silakan search ya). Saat ini, sepertinya mereka sangat memerlukan motivasi dan inspirasi.

Karena itulah, bismillah saya hadir kembali. Insya Allah kita semua akan melalui masa-masa sulit ini bersama-sama. Bisa! Saling mendoakan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp