Posted on / Ippho Santosa

Anda suka drakor?

Anda suka drakor?

Anda suka BTS?

Suka Gangnam Style?

Setidaknya, tau kan?

Dulu, kita nggak tertinggal jauh dari Korea Selatan. Namun kini dengan dance, band, dan dramanya, mereka benar-benar meninggalkan kita jauh-jauh. Belum lagi Samsung, LG, dan Hyundai-nya. Mereka mendunia. Adu kuat dengan iPhone, menampar telak produk-produk Jepang.

Kenapa ini bisa terjadi? Yah, banyak faktornya. Salah satunya, mereka baik rakyatnya maupun pemerintahnya sangat menghargai (apresiasi) prestasi-prestasi yang muncul dari dalam negeri. Tentu saja, ini memicu dan memacu prestasi-prestasi yang berikutnya.

Yang Maha Kuasa saja menghargai dan memuji hamba-Nya yang beramal baik. Pun mengganjar ini-itu. Apa tujuannya? Salah satunya, agar kita berlomba-lomba dalam kebaikan. Sekali lagi, berlomba-lomba dalam kebaikan.

Saya percaya, setiap manusia yang lahir dititipi potensi yang WOW dan memukau. Adalah tugas kita untuk menemukan dan menajamkan potensi tersebut. Menariknya, saya kita berusaha menghargai dan memuji potensi seseorang, maka potensi orang itu akan semakin tajam dan semakin kuat.

Di Indonesia, yang kita butuhkan saat ini adalah apresiasi. Jujur, saya sedikit risau melihat celetukan-celetukan negatif dari kalangan netizen. Kalau entrepreneur, penulis, atau artis pemula mulai berkarya, bukannya diberi dukungan, eh malah dicari-cari kesalahannya. Bahkan dimaki-maki.

Menurut saya, kita hanya bisa menaklukkan pandemi ini dan hadir sebagai bangsa pemenang, kalau kita semua kompak dan tidak pelit dalam memberi apresiasi satu sama lain. Di mana-mana, ketika terjadi musibah, masyarakat cenderung untuk bersatu. Kita kok belum juga?

Tentu, tidak mudah kalau saya menyeru se-Indonesia. Yah sudah, saya mulai saja dari lingkungan dan lingkaran saya. Di bisnis saya, terdapat beberapa komunitas. Soal saling memberi apresiasi ini saya sampaikan kepada mereka dan alhamdulillah mereka menerapkan jauh lebih baik dari apa-apa yang pernah saya serukan.

Yang saya lihat, akhirnya mereka semua grow. Benar-benar grow. Saya harap, teman-teman juga melakukan itu pada orang-orang di sekitarnya. Ada tetangga buka usaha, beri apresiasi. Ada teman kuliah coba-coba menulis, beri apresiasi. Insya Allah semua kebaikan kita tebar PASTI berbalas.

Sekian dari saya, Ippho Santosa. Pada akhirnya, semoga berkah berlimpah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp