Anda karyawan?

Anda karyawan?

Suka atau tidak suka,
siap atau tidak siap,
atasan atau bawahan,
pastilah Anda bakal pensiun.

Betul apa betul?

Sudahkah Anda mempersiapkan diri?

Izinkan saya mengambil sebuah ilustrasi. Sebuah penelitian yang dihelat oleh Liberty Investments menyibak bahwa untuk mempersiapkan diri pensiun di umur 40 tahun, setidaknya Anda harus menabung sebesar 62,44 persen dari gaji bulanan Anda. Rutin tentunya. Sementara, jika Anda memutuskan untuk pensiun di usia yang lebih tua yaitu 70 tahun, Anda hanya perlu menabung sebesar 5,27 persen dari gaji bulanan Anda.

Masih banyak lagi hal-hal yang perlu kita ketahui sebagai karyawan dan calon pensiunan. Ada baiknya Anda mengikuti training persiapan pensiun, apakah yang diadakan oleh kantor ataupun Anda ikuti sendiri di luar kantor. Sekurang-kurangnya, bacalah buku tentang persiapan pensiun. Kabar baiknya, saya dan kawan-kawan insya Allah akan merilis buku seperti ini dan royalti 100% untuk sedekah.

Yang harus dipahami oleh karyawan adalah, masa pensiun bukanlah akhir dari hidup dan bukanlah ujung dari karya. Sama sekali BUKAN. Bagi sebagian orang, masa pensiun justru menjadi ‘kurva kedua’ dalam hidupnya, yakni masa produktif berikutnya setelah masa tugas resminya usai dan selesai. Sebut saja, second chance. Kapan-kapan, kita sambung lagi.

Salam berkah berlimpah dari saya, Ippho Santosa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp